up grade pc


Upgrade PC / Komputer Lama agar Siap Windows 7 (Vista ngga recomended)
Membeli PC baru bukanlah opsi satu-satunya agar Anda dapat memakai Windows 7, menikmati video HD, dan bermain game 3D terbaru. Upgrade PC lama bisa jadi adalah solusi terbaik.

Image
Pertanyaan adalah, apakah meng-up­grade PC lama masih layak dilakukan? Secara umum, untuk kebanyakan kasus, jawabannya adalah “Ya”. Pengguna yang memahami berbagai komponen PC dan selalu “up to date” tentu akan lebih mudah memutuskan apakah memilih upgrade atau membeli PC baru. Sederhananya, jika Anda masih memiliki sebuah sistem Athlon XP (non-64 bit) atau Pentium 4 di bawah 2 GHz, lupakan upgrade PC.
Image

Slot Kosong: Sebelum menambah modul memori baru, pastikan dahulu apakah slot modul memori kosong masih tersedia di PC Anda dengan memakai CPU-Z.
Soalnya, kemampuan kedua sistem tersebut sudah ketinggalan jauh. Pada upgrade kali ini, kami memilih PC lama yang sudah dipakai selama 4 tahunan. Komponen dan hasil upgrade kami dapat Anda lihat pada boks di bagian akhir.

Memori: Kinerja naik dengan tiga keping modul memori
Langkah upgrade termudah adalah menambah RAM (memori) menjadi 1 GB untuk PC berbasis XP dan 2 GB untuk Vista. Modul yang terpasang dan slot yang kosong dapat diketahui de­ngan program CPU-Z (www.cpuid.com). Melalui tab “SPD”, perhatikan slot memori mana saja  yang masih kosong. Pada PC yang akan di-upgrade, terdapat dua modul memori DDR400 256 MB dan dua slot yang masih kosong. kami memutuskan menambah dua modul DDR400 512 MB menjadi 1,5 GB yang tentu saja sangat memadai untuk menjalankan Windows XP.

Image

Memori: Perhatikan agar lekukan di tengah modul tepat bertemu lekukan pada soket. Tekan modul memri secara hati-hati ke dalam soket hingga kedua retaining clip terpasang dengan tepat.
Pemasangannya relatif mudah. Setelah casing dibuka, sisipkan modul baru secara perlahan ke dalam slot hingga re­taining clip pada kedua sisi slot berbunyi. Setelah me-restart PC, BIOS akan melaporkan kapasitas memori baru.

Efek penambahan memori akan sangat terasa bila Anda sering menjalankan banyak aplikasi di PC. Misalnya, berselancar pada beberapa website penuh banner iklan sambil membuka beberapa file PDF dan Office. Selain itu, hard disk tidak lagi harus bekerja terus-menerus dan saat Antivirus melakukan fungsi scan, sistem tidak langsung hang atau program menjadi not responding. Efek lainnya, program yang baru ditutup, misalnya MS Word, akan dengan cepat terbuka jika dijalankan kembali karena masih termuat dalam sistem cache memori.

Graphics card: Lebih cepat 465 persen tetapi lebih hemat
Agar PC memiliki performa 3D dan video accelerator yang mumpuni, Anda membutuhkan sebuah gra­phics card baru. Pastikan dahulu jenis slot graphics yang tersedia dengan bantuan program GPU-Z (www.techpowerup.com/downloads).  Apakah sebuah port AGP lama (PC keluaran 2005 ke bawah) atau PCIe yang baru (x16, sejak akhir 2005). Apabila PC hanya mendukung card berbasis AGP, salah satu pilihan terbaiknya adalah  graphics card dengan chip ATI Radeon HD 3850 (misalnya Sapphire Radeon HD3850 AGP). Graphics card ini maksimal membutuhkan 100 W sehingga dapat dioperasikan dengan Power Supply Unit (PSU) lama.
Image

Graphics Card: ATI Radeon HD 3850 dapat mengangkat kinerja game 3D pada PC bersistem AGP. Perhatikan agar card membutuhkan pasokan daya tambahan melalui kabel power 8 pin (disertakan)
Sebelum memasang, uninstall dahulu driver graphics card lama dan shutdown sistem. Setelah itu, buka casing, lepas sekrup pengaman AGP card, dan keluarkan card. Mungkin Anda perlu menekan sebuah kawat pengaman pada slot ketika menariknya keluar. Kini masukkan Sapphire card dengan hati-hati ke dalam slot dan hubungkan dengan PSU. Sebelumnya, hubungkan steker listrik 8 pin dengan dua adapter molex standar 4 pin pada salah satu sisinya, lalu ke graphics card Sapphire (gambar kiri bawah) pada sisi lainnya .

Setelah instalasi driver ATI terbaru (http://ati.amd.com/support/driver.html), Radeon HD3850 AGP pun unjuk kebolehan. Nilai 3DMark06 meningkat dari 777 menjadi 4.390 poin – sekitar 465%. Bahkan Crysis yang merupakan salah satu game FPS 3D paling “rakus” performa dapat dimainkan pada resolusi 1280 x 1024 dengan efek-efek medium dan kualitas gambar yang acceptable. Hasil yang mungkin tidak bisa dibayangkan bila Anda masih memakai PC dengan konfigurasi lama.

Konsumsi daya pun lebih rendah dari sebelumnya. Pada beban penuh (game Crysis saat demo loop), PC kini hanya membutuhkan daya 180 W (sebelumnya 210 W dengan Radeon 9800 XXL). Kele­bihan lainnya, card baru memiliki du­kungan Unified Video Decoder (UVD), sehingga me­ngurangi beban CPU saat men-decode video resolusi tinggi. Selain itu, interface DVI pada graphics card baru mendukung enkripsi HDCP, sehingga PC memiliki output content berproteksi copy. misalnya dari keping Blu-ray. Efek positif lainnya, card menjadi lebih kurang berisik. Tingkat kebisingan graphics card turun dari 3,1 menjadi 2,8 Sone.

Hard disk: Tiga kali lebih cepat dengan kapasitas “tak terbatas”

Teknologi hard disk empat tahun terakhir ini telah maju dalam hal kapasitas, kecepatan, dan waktu akses. Penambahan hard disk baru (walaupun hanya mendukung hard disk standar IDE) akan lebih mudah jika tray kosong, kabel data, dan kabel power telah tersedia. Di sini, opsinya ada dua. Membeli sebuah hard disk IDE atau sebuah SATA Controller card tambahan seperti Dawicontrol DC-300e dan sebuah hard disk SATA besar.

Image

Hard Disk Baru: Apabila Anda menambahkan sebuah hard disk baru (dalam hal ini Seagate Barracuda 7200.10), pastikan agar Windows di-install pada hard disk tersebut. Pergunakan hard disk lama sebagai media penyimpanan ekstra atau backup.
Pada PC lama, ada kemungkinan BIOS-nya tidak dapat mendeteksi hard disk berkapasitas lebih dari 128 GB dengan tepat. Apabila tidak ada update BIOS untuk mengatasi solusi ini, gunakan saja hard disk 80 atau 120 GB.
Chipset Intel 865 pada motherboad PC lama yang di-updgrade kami tidak memiliki masalah ini. Oleh karena itu, kami memilih versi IDE Seagate Barracuda 7200.10 dengan 500 GB. Upgrade bukan hanya meningkatkan kapasitas hard disk dari 200 menjadi 700 GB, tetapi juga tiga kali lebih cepat daripada hard disk yang lama. Software pendiagnosis hard disk HDTune melaporkan ke­ce­pat­an rata-rata 61,3 MB/detik. Hard disk lama (juga Seagate) hanya 22,2 MB/detik. Waktu akses juga berkurang dari 19 men­jadi 13,3 milidetik.

Apabila masih tersedia tempat dalam casing PC, biarkan hard disk lama. Perhatikan posisi jumper pada hard disk IDE, apakah harus diset pada mode Master atau Slave. Hal pen­ting lainnya yang harus dilakukan adalah memberi jarak yang cukup antara kedua hard disk agar tidak terjadi akumulasi panas di sekitar hard disk. Agar hard disk baru dapat digunakan lebih optimal oleh sistem, Anda disarankan untuk meng-install atau memindahkan sistem operasi ke hard disk baru tersebut. Untuk itu, tersedia dua cara:

Membuat dengan sebuah image 1:1 dari drive sistem untuk di-restore ke hard disk baru dengan program backup, seperti Acronis True Image atau Norton Ghost. Selanjutnya, ubah urutan boot untuk hard disk baru dalam BIOS (pada bagian Boot Device Priority) sebagai prioritas pertama.

Menyediakan waktu untuk meng-install sis­tem operasi baru pada hard disk baru tersebut. Meskipun butuh waktu yang cukup lama, instalasi sistem baru (clean install) memiliki keuntungan karena sistem akan bekerja lebih responsif pada hard disk baru yang lebih cepat. Hal ini ditunjukkan oleh pengukuran sintetik yang CHIP lakukan dengan meng-copy sebuah image CD 650 MB. Hasilnya, PC lama butuh waktu 80 detik, sedangkan PC baru hanya 22 detik.

Drive Blu-ray: PC lama sebagai pemutar HD di ruang keluarga
Apabila Anda ingin mendayagunakan PC sebagai multimedia center bersanding dengan TV HD-ready atau minimal TFT baru dengan input HDMI atau input DVI yang mendukung HDCP, modifikasikan saja sebagai sebuah Blu-ray player.

Image

Blu-ray Drive: Front panel Blu-ray drive Lite-On-DH401S harus dipasang secara hati-hati agar tidak menghalangi casing depan PC. Hubungkan Blu-ray drive tersebut pada sebuah SATA controller tambahan yang dipasang pada slot PCI.
Syaratnya, Anda harus memiliki graphics card AGP baru (lihat gambar di sebelah kiri) agar fungsi playback media Blu-ray dan HDMI (atau DVI dengan HDCP) tersedia. Akselerator HD generasi terbaru juga wajib tersedia. Jika tidak, prosesor lama akan bekerja terlalu keras karena codec video Blu-ray yang kompleks dan data rate-nya yang tinggi.

Perang format HD dengan media HD-DVD yang bakal berakhir, berefek positif pada harga drive Blu-ray ROM (untuk PC) yang mulai realistis untuk Anda beli. Namun, Blu-ray drive murah seperti Lite-On DH-401S hanya tersedia dalam versi SATA. Apabila PC lama Anda hanya memiliki port IDE, dibutuhkan sebuah SATA controller dengan interface PCI. kami menggunakan sebuah controller Dawicon­trol DC-300e yang kompatibel dengan Lite-On drive.

Pemasangan drive Lite-On pada PC lama butuh kerja ekstra karena kami perlu melepaskan panel depan PC. Tekan keluar jepitan plastik kecil secara hati-hati. Setelah mengganti DVD drive dengan drive Blu-ray (drive pembakar DVD tetap di tray teratas) ditemui hambatan karena panel depan Blu-ray drive yang besar menghalangi pemasangan casing PC. Solusi untuk kasus spesifik ini diatasi kami dengan mencabut panel depan Blu-ray drive lalu memasangnya kembali setelah casing PC telah dipasang.

Dengan program PowerDVD 7.3 Ultra yang disertakan pada paket Lite-On, PC lama tersebut telah sanggup menampilkan film Blu-ray pada layar TV HD-ready atau monitor TFT baru tanpa masalah. Dengan demikian, PC pun telah siap secara teknis untuk menjalankan Vista atau sebagai media center. Playback film Blu-ray hanya membebani prosesor sebesar 35 persen sebagai efek dari tenaga ekstra yang dipasok chip graphics HD ATI/AMD.

Mengganti Motherboad: Memperbarui PC Lama
Mungkin Anda heran, mengapa kami tidak mengganti prosesor saja, tanpa harus mengganti  keduanya (motherboard dan prosesor)? Jawabannya mudah.  Motherboard lama tidak mendukung  prosesor terbaru, sehingga performa tidak meningkat secara signifikan. PC yang akan di-upgrade kami sudah terlayani dengan Pentium 4 3 GHz. Adapun prosesor dual/quad core tidak akan dideteksi oleh motherboad.

Apabila ingin meng-upgrade PC, Anda disarankan juga untuk mengganti motherboard. kami memilih motherboard Gigabyte GA-MA78GM-52H untuk prosesor baru dari AMD. Chipset 780G pada motherboad ini menawarkan chip graphics on-board berperforma tinggi (Radeon HD3200) yang mendukung DirectX 10, HD-ready, interface modern HDMI , dan eSATA. Platform baru ini pun lebih hemat energi berkat teknologi 55 nm. Dengan melengkapinya dengan prosesor Athlon 64 X2 5000+ dan memori 2 GB DDR2-800, Anda mendapatkan sistem yang relatif masih terjangkau.

PERHATIAN: Sebelum mengganti motherboard, backup semua data Anda pada media eksternal. Anda pun dianjurkan meng-install sistem operasi pada hard disk baru, terutama bila Anda pindah dari Intel ke AMD atau sebaliknya. Tetap gunakan PSU lama dan pasangkan dengan motherboad baru ke dalam casing tanpa harus membongkar hard disk atau optical drive.

Dua kali lebih cepat, tetapi hanya mengonsumsi daya setengahnya
Performa PC setelah upgrade cukup memenuhi harapan kami. Athlon 5000+ (4.058 poin pada Cinebench R10) dalam casing PC lama berjalan dua kali lebih cepat daripada P4 3 GHz. Konsumsi listriknya pun dapat ditekan. Pada kondisi standby, konsumsinya hanya 57 W (sebelumnya 120 W). Selain itu, Radeon 3200 hanya kalah 20 persen dari graphics card lama (Radeon 9800 XXL). Motherboad baru juga memiliki prospek yang bagus. Beberapa tahun ke depan, Anda masih dapat meng-upgrade dengan prosesor atau graphics card baru.

9 responses to “up grade pc

  1. Mantap infonya… Makasih bos

  2. wah, berguna sekali yg ini

    jadi kalo lagi ada cukup uang, kalo upgrade motherboard kalo bisa sih yg sebaru mungkin deh

  3. …mas rimbo aku dah pasang rimbo nya di blogroll aku…utk dhika gw ada saran utk ngebangun pc gaming dan design grafis yg murmer dan ok trus upgreadable, coba klik di my produk…

  4. nice blog

    lam knl y…

    ey jgn lupa kunjungin blog saya y…

    http://fakhrul92.wordpress.com

  5. saran saya
    gambar pengiringnya dihilangkan mas, jadi g konsen, thanks…

  6. wah gila wanita bugil ki yang punya blog………

  7. masih bingung mas/om/tante😀 (masih belajar/amattir ) …bat OK bgt situ punya blog😀😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s